Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Boneka Arwah Ivan Gunawan Pengganti Anak atau Jin?

Konten [Tampil]
Boneka Arwah Ivan Gunawan

Parenting By Rey - Ivan Gunawan, seorang disainer, MC dan publik figur yang terkenal di Indonesia, akhir-akhir ini lebih mencuri perhatian banyak orang.

Sayangnya, kali ini bukan karena prestasinya dalam bidang yang ditekuninya, melainkan oleh kelakuannya yang memelihara atau adopsi, 2 boneka arwah bernama Miracle Putra Gunawan dan Mervelous Putra Gunawan.

Tidak hanya asal memiliki boneka, tapi yang mencengangkan adalah, kedua boneka tersebut, begitu mirip dengan bayi manusia, dan diperlakukan juga dengan sangat hati-hati, bagaikan memperlakukan bayi manusia.

Di sebuah tayangan channel Boy Wiliam, bahkan Boy sendiri kaget bin takjub melihat kelakuan Ivan, dan bahkan bertanya apakah sang disainer sudah kehilangan akal sehatnya, sehingga memelihara boneka dan menganggapnya sebagai anak?

Dan bukan hanya itu, masalah Ivan Gunawan yang membeli, mengasuh kedua boneka tersebut selayaknya mengasuh anak, membuat geger dunia maya khususnya.

Hampir di semua medsos membahas tentang boneka milik Ivan Gunawan tersebut, dan lebih bikin netizen miris, karena ternyata, Ivan Gunawan bukanlah satu-satunya yang mengadopsi boneka yang sering disebut dengan boneka arwah tersebut.


Mengadopsi Boneka Arwah, Trend Terkini Para Publik Figur


Nyatanya, memelihara boneka arwah memang tengah santer dan trend di kalangan para publik figur, saya rasa sebentar lagi, bukan hanya publik figur yang ikutan trend tersebut, tapi banyak orang juga ikut-ikutan hal yang menurut saya, kurang kerjaan itu, hahaha.

Mengadopsi Boneka Arwah, Trend Terkini Para Publik Figur

Sebut saja ada Celine Evangelista, Ruben Onsu dan Sarwendah, Siti Badriah, Soimah, Lucinta Luna, Nora Alexandra dan Roy Kiyosih.

Bermacam alasan yang diberikan oleh para artis tanah air memilih mengadopsi boneka arwah tersebut, dari yang hanya ikut-ikutan, sampai ke hal-hal mistis yang nggak masuk di akal.

Boneka arwah atau yang biasa disebut spirit doll, sebenarnya telah ada dari zaman dulu, dan kali ini kembali tren pada masa modern ini.
 
Seperti yang ada di Thailand, para boneka arwah telah tren di tahun 2016, dan ada banyak masyarakat Thailand yang ikut mengadopsi boneka, dan dipercaya punya aura supranatural ini.
 
Kebanyakan, para boneka arwah dibawa oleh para pemiliknya dalam beraktivitas sehari-hari, baik berangkat bekerja, ke sekolah, ke mall hingga makan di restoran pun diajak.

Di Indonesia sendiri, memang ada sih yang percaya kalau boneka itu punya arwah, meskipun arwahnya pun bermacam-macam.

Menurut Fury Hakim, seorang yang mengoleksi adopsi banyak boneka arwah, boneka-boneka tersebut digunakan untuk menampung arwah janin yang diaborsi, sementara untuk boneka arwah yang diadopsi banyak artis adalah boneka arwah yang positif.

Uniknya lagi, ternyata boneka arwah tersebut tidaklah murah, harganya beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

Terlebih jika boneka arwah yang dipesan khusus dari luar negeri seperti boneka arwah milik Ivan Gunawan.


Boneka Arwah, Sebagai Pengganti Anak, atau Jin?


Karena ulah yang dinilai sebagai hal yang kurang kerjaan dari para publik figur tersebut, membuat banyak pihak bereaksi keras, terutama yang menyangkut soal agama.

Boneka Arwah Ivan Gunawan Pengganti Anak atau Jin?

Namun, dari berbagai tanggapan, khususnya Ivan Gunawan, sebenarnya punya boneka arwah tersebut hanya untuk dipakai mengasuh anak, karena mengasuh anak beneran itu ada prosesnya, mulai dari kudu punya pasangan dulu, hamil, melahirkan dan banyak hal yang harus dilewati.

Maka memiliki dan mengasuh boneka arwah adalah jalan pintas untuk merasakan being a parent.

Well, kalau menurut saya sih, sah-sah saja membeli boneka (i call membeli not adopsi), asalkan bukan untuk diperlakukan bagai seorang manusia.

Selain memang bertentangan dengan agama, pun buat saya hal tersebut malah bikin ngeri aja, takut anaknya nanti diperlakukan kayak boneka, which is, boneka mah bedaaaaaaa jauh ama anak.

Jangankan boneka yang disebut boneka arwah yang sebenarnya kayak benda mati, bahkan memelihara tamagochi (ada yang kenal tamagochi nggak?) aja masih lebih mudah ketimbang mengasuh anak manusia.

Punya anak itu, soooo complicated banget, tanggung jawab terbesar sebagai manusia sih menurut saya.
Mulai dari perjuangan garis dua testpack yang nggak semua bisa dengan mudah mendapatkannya, masa kehamilan yang penuh perjuangan, masa persalinan ibarat berjuang hidup dan mati, bahkan mengasuh bayi new born pun, luar biasa tantangannya.

Boneka mah nggak ada apa-apanya, dan menurut saya daripada ngabisin duit buat beli sesuatu yang berpotensi negatif baik mental maupun agama, mending sekalian aja punya anak asuh bayi, lengkap dengan membayarkan suster buat mengasuhnya.

Kayak aktris-aktris Hollywood yang banyak mengadopsi anak-anak kurang mampu, seperti Angelina Jolie, yang meski udah punya anak sendiri, masih juga mengadopsi anak dari negara lain yang yatim piatu.


Kesimpulan


Mengasuh dan mengadopsi boneka arwah serta diperlakukan seperti anak bayi manusia, sesungguhnya sebuah perbuatan dengan beragam alasan bagi para artis.
Ada yang cuman buat lucu-lucuan, ada juga yang dipakai buat latihan punya anak.

mengadopsi boneka arwah serta diperlakukan seperti anak bayi manusia

Anyway, apapun pendapat saya khususnya, semuanya kembali lagi ke masing-masing yang memilih adopsi eh beli boneka arwah atau enggak.

Karena toh yang akan menerima akibatnya ya si pelakunya, kita-kita palingan cuman bisa mendoakan, dan mendidik anak-anak kita agar tidak meniru perbuatan atau trend gila zaman now, yang makin aneh-aneh kayak boneka arwah Ivan Gunawan.


Sidoarjo, 5 Januari 2022

#RabuParenting

Sumber:
  • Opini pribadi
  • https://mediajabodetabek.pikiran-rakyat.com/ diakses 5 Januari 2022
  • https://www.cnnindonesia.com/ diakses 5 Januari 2022
Gambar: Canva dan berbagai sumber

1 comment for "Boneka Arwah Ivan Gunawan Pengganti Anak atau Jin?"

  1. serem klo boneka beneran ada arwahnya
    bonekanya aja udah serem kayak orang ya..hiksss

    ReplyDelete